Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota (AMP-KK) Lombok Telah Melaksanakan Pendidikan Politik Tahap Satu dan Pengisian Biro-Biro Lainnya


 

 

Salam Pembebasan Nasional Papua Barat.

Amolongo, Nimo, Koyao, Koha, Kinaonak, Nare, Yepmum, Dormum, Tabea Mufa, Walak, Foi Moi, Wainambe, Nayaklak

Wawawa…wa…wa…wa…wa!

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapapun (karl marx)

“Didiklah rakyat dengan organisasi dan didiklah penguasa dengan perlawanan” (Pramoedya Ananta Toer).

“Kalau orang tak tahu sejarah bangsanya sendiri, tanah airnya sendiri, gampang jadi orang asing diatas bangsa sendiri” (Pramoedya Ananta).

Kami pengurus Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota Lombok lama masa bakti tahun 2021-2022, mengucapkan selamat atas Dikpol dan Struktural baru Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Lombok telah melaksanakan Pendidikan Politik (Dikpol), sekaligus struktural  baru. Pendidikan Politik telah dimulai pada  tanggal 29-30 oktober 2022 dan memilih badan pengurus baru 30 Oktober 2022  secara sah menyerahkan mandat pengurus Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota lombok lama ke pengurus baru Aliansi mahasiswa Papua Komite Kota (AMP-KK) Lombok masa bakti 2022/23,di Mataram Lombok. 

Proses pemilihan Ketua Komite Kota Lombok, dilakukan secara demokratis oleh 7 peserta dikpol.  

Terpilih Ketua AMP KK Lombok : Bernard M

Sekretaris I : Naldo W

dan Bendahara: OKIN 

Dan Biro-Biro Lainnya. 

Secara resmi, Pengurus Komite Pusat – Aliansi Mahasiswa Papua (KP-AMP) Muno Gobay, Herry meaga ketua Amp bali dan Pomdi Biro organisasi serta Ketua pengurus Lama Nyamuk Karunggu, Ikut serta mengesahkan.

Selamat Bergabung kawan-kawan dan salam Persatuan untuk membebaskan Bangsa Papua Barat dari Kolonialisme Indonesia, Imperialisme serta Militerisme.

Medan Juang, 30 Oktober 2022

Panjang umur hal-hal baik!!

Selanjutnya pendidikan politik AMP KK Lombok Tahap Satu dilaksanakan dua hari yaitu pada tanggal 5-6 november 2022 dengan lancar dan aman.

Adapun peserta yang  ikut dalam pendidikan politik tahap ke-satu dan menerima materi pendidikan politik  adalah 15 peserta.

l.materi hari pertama terdiri 4 materi pendidikan politik AMP yaitu; 

1).sejarah Perlawanan Rakyat Papua Barat 

sejarah rakyat west papua yang dibawakan dan digagas oleh kamrad Bernard ketua amp-kk lombok dan Nyamuk Karunggu. Menyampaikan materinya pencaplokan, pendudukan dan penjajahan kolonial indonesia mulai dari tahun 1960-an melalui proses operasi militer Trikora atau tri Komando rakyat di alun-alun yogyakarta utara dan tujuan daripada operasi Trikora adalah untuk membubarkan atau menghapuskan bangsa west papua dengan isi Trikora ada tiga yaitu;

1.bubarkan negara papua boneka buatan kolonial Belanda 

2.kibarkan sang merah putih dirian barat 3.bersiaplah mobilisasi umum dan guna mempertahankan tanah air indonesia. 

Perjanjian New York agreement dan Roma agreement pada tahun 1962 merupakan perjanjian ilegal yang yang dibuat oleh pemerintah kolonialisme indonesia, pemerintah belanda dan pemerintah amerika Serikat tanpa melibatkan rakyat West Papua yang punya tanah, punya gunung, punya air, punya emas, punya hutan, punya dusun dan punya bangsa west papua.selanjutnya aneksasi bangsa West Papua kedalam kolonialisme indonesia pada tanggal 1 mei 1963 secara paksa dengan moncong senjata melalui kekuatan militerisme indonesia. sebelum melaksanakan penentuan pendapat rakyat (PEPERA) 1969,kolonialisme indonesia juga melakukan operasi militer indonesia diatas tanah papua Sorong to samarai antara lain adalah operasi Trikora, operasi mandala, operasi rajawali, operasi kasuari, operasi matoa, operasi pangkas, operasi teritorial, operasi koteka dan sebagainya. Hubungan sejarah Indonesia dengan west papua yang jauh berbeda melihat dari sejarah peradaban hidupnya, sejarah perjuangan pembebasan bangsanya, secara kebiasaannya, secara rasnya dan serta budayanya.

Kemerdekaan Bangsa West Papua pada tanggal 1 desember 1961 dengan secara defacto dan dejure serta memiliki simbol-simbol kenegaraan seperti bendera kebangsaan adalah bintang Kejora.lagu kebangsaan adalah hai tanahku papua. Mata uang papua adalah golder papua.lambang negara adalah burung mambruk.penduduk negara adalah Sorong to samarai. Nama negara adalah west papua. semboyan negara adalah one People One Soul dan simbol-simbol lainnya.namun,pada tanggal 19 desember 1961 soekarno mengeluarkan Trikora untuk membubarkan bangsa west papua. 

Aspek secara  filosofis, sosiologis dan historis bangsa west papua dengan indonesia sangat jauh berbeda sehingga wakil presiden RI Hatta mengatakan bahwa Indonesia merdeka hanya sambang sampai Ambonia tidak termasuk Papua dengan alasan bangsa west papua juga punya hak untuk menentukan nasib sendirinya sendiri (MERDEKA) karena bangsa papua berbeda ras melanesia dan sementara bangsa Indonesia adalah ras melayu ujar Hatta.sedangkan tahun 1945 soekarno berpidato bahwa (indonesia merdeka hanya pulau-pulau sunda besar dan sunda kecil tanpa melibatkan wilayah West Papua. 

Persis apa yang dikatakan oleh wakil presidium dewan papua (PDP) Dr.Tom beanal bahwa nenek moyang kami bangsa west papua tidak pernah melihat asap api kebun diatas tanah papua apalagi dendam dengan keturunan soekarno, Soeharto,hatta dan sebagainya. 

2).Sejarah gerakan mahasiswa papua 

Materi kedua adalah Sejarah gerakan mahasiswa papua dibawakan oleh kamrad Herry ketua KK Bali. Menggagas dan menyampaikan sejarah gerakan mahasiswa west papua mulai dari tahun 1960-an merupakan mahasiswa papua terpelajar dan terdidik dari pemerintah belanda untuk persiapan kemerdekaan bangsa West Papua nantinya. Tahun 1944-1949 orang-orang Papua terpelajar dan terdidik terdiri 400 orang dengan berbeda profesi dan latar belakang ada yang  alih mesin, alih pembangunan, alih grafik, penerbangan, kedokteran, militerisme papua dan sebagainya. Salah satu mahasiswa papua yang  terdidik dalam sekolah yang bernama pamong praja di (Holandia) Jayapura papua  adalah kaisiepo, mofu dan kawan-kawan lainnya.sehingga mereka menciptakan partai-partai papua sekitar 14 partai salah satunya adalah Komite Nasional Papua ( KNP) dan 14 partai papua itu  tergabung dalam dewan New Guinea Raad (DNGR) dan mahasiswa papua dan rakyat west papua yang tergabung dalam dewan New Guinea Raad ini mau memproklamasikan kemerdekaan bangsa West Papua pada tanggal 1 november 1961 namun,waktu itu  pemerintah belanda tidak izinkan sehingga peristiwa kemerdekaan bangsa West Papua terjadi pada tanggal 1 desember 1961 dengan siarkan berita kemerdekaan bangsa West Papua melalui radio belanda dan Australia. 

Selanjutnya gerakan mahasiswa papua tahun 1970-1980an,seperti Proklamasi Kemerdekaan West Papua kedua kalinya oleh Jenderal Seth Jamet RomKrem,jacob Prai dan kawan-kawan pada tanggal 1 Juli 1971.pergerakan Arnold Ap dan kawan-kawan melalui  kesenian atau musik-musik tapi negara kolonialisme indonesia memandang bahwa kesenian yang bernama membesak adalah menentang kenyamanan negara sehingga Arnold Ap dibunuh oleh militer indonesia pada tahun 1984.selanjutnya gerakan mahasiswa papua tahun 90-an lahirnya Aliansi Mahasiswa Papua pada tanggal 27 Juli 1998 dijakarta Selatan dan AMP lahir dalam keadaan darurat dan tidak aman karena ditengah rezim pemerintahan Soeharto yang berwatak otoriter dan militeristik pada waktu itu. Sampai dengan hari ini,mahasiswa papua terus dan sedang melawan kolonialisme indonesia,imperialisme turun dari kapitalisme dan lawan militerisme indonesia.

3).Investigasi sosial dan analisis klas (ISAK)

Materi ketiga Investigasi sosial dan analisis klas ini dibawakan oleh kamrad nyamuk.

“Saya tak tahu masa depan mereka akan menjadi apa, tapi saya yakin Tuhan senang dengan orang-orang yang berjuang, orang-orang yang bekerja keras,”Farchan. ISAK perlu dilakukan terhadap tempat-tempat pekerja,pabrik, lahan,pertanian, perkebunan, perkotaan, perkampusan dan perkembangan geopolitik  agar kami dapat memahami dan mengerti dimana rawan dan dimana yang tidak rawan.kenapa harus ISAK di kampus ??karena dunia pendidikan dilarang keras pihak kepolisian atau militerisme indonesia masuk di kampus dengan atas nama pun.sebagaimana mestinya karena dunia pendidikan merupakan dunia independen dan uu no.12 tahun 2012 tentang kebebasan akademik dan otomon kampus juga menjamin kebebasan akademik bagi mahasiswa agar mahasiswa bisa berkembang gagasan-gagasan dan ide-idenya dengan bebas tanpa dibatasi, direpresif dan dikriminalisasi oleh pihak kepolisian yang berwatak teror dan kriminal. 

Lepas dari itu,ISAK pandangan Karx marl membagikan sosial klas ada 3,yaitu; kaum tuan tanah, borjuis alias kapitalisme dan Proletar alias pekerja. Tuan tanah adalah pemilik tanah pribadi yang sangat luas

orang yang memiliki tanah, penginapan, pondokan, atau rumah sewaan atau kata lain adalah feodalisme atau bangsawan. Borjuis adalah orang-orang yang memiliki alat-alat produksi, orang-orang pemodal dan sebagainya dan terakhir adalah Proletar adalah orang-orang yang  menjual tenaga,waktu dan pikirannya kepada Borjuis tadi untuk mendapatkan hibah tapi sayangnya Proletar ini tidak mendapatkan gajinya sesuai dengan jam kerja disinilah marl melihat bahwa  ketidakadilan  sosial. 

4.asal usul penindasan perempuan dibawakan oleh Kawan Herry meaga ketua Amp bali. 

Asal usul penindasan perempuan ini terdiri dari 5 bagian yaitu sebagai berikut;

1.Perempuan dalam masa Komunal

Perempuan berderajat lebih rendah dari pada laki-laki- inilah anggapan umum yang  berlaku sekarang ini tentang kedudukan kaum perempuan dalam masyarakat.anggapan ini tercermin dalam prasangka-prasangka umum, seperti “seorang istri harus melayani suami”, “perempuan itu turut ke surga atau ke neraka bersama suaminya”, dll. Prasangka-prasangka ini mendapat penguatan dari struktur moral masyarakat yang terwujud dalam peraturan-peraturan agama dan adat. 

2.Pertanian dan Bangkitnya Patriarki

Perlawanan dengan pandangan umum tentang bangkitnya masyarakat pertanian, umat manusia tidaklah dengan sukarela memeluk pertanian sebagai cara hidup. Biasanya, orang beranggapan bahwa manusia mulai bertani ketika mereka menemukan daerah-daerah subur yang cocok untuk bertani. Namun, data-data arkeologi dan antropologi menunjukkan bahwa manusia mulai bertani ketika mereka terdesak oleh perubahan kondisi alam, di mana kondisi yang baru tidak lagi memberi mereka kemungkinan untuk bertahan hidup hanya dari berburu dan mengumpul bahan makanan.

3.Kepemilikan Pribadi dan Patriarki

Tergesernya kaum perempuan dari lapangan produktif ini terjadi dalam konteks berkembangnya kepemilikan pribadi.dengan semakin bergesernya proses produksi menjadi sebuah proses perorangan, maka unit pengaturan masyarakat pun berubah. 

4.Kemungkinan-kemungkinan untuk Pembebasan Perempuan Di atas kita dapat melihat bahwa penempatan perempuan pada posisi kelas dua dalam masyarakat berawal dari bergesernya peranan kaum perempuan dalam lapangan produksi.dan  pada gilirannya, tergesernya peran ini adalah akibat dari tingkatan teknologi masa itu yang tidak memungkinkan kaum perempuan untuk memasuki lapangan produksi.

5.Perjuangan Pembebasan Perempuan Papua dan Perjuangan Pembebasan Nasional Rakyat Papua

Seperti yang telah diuraikan diatas, maka berbicara mengenai pembebasan perempuan Papua tidak bisa dipisahkan dari perjuangan pembebasan sejati rakyat Papua secara keseluruhan.Dimana pandangan-pandangan umum yang menggeserkan posisi dan peran aktif perempuan dari keterlibatannya dalam dunia kerja tidak hanya dialami oleh perempuan di berbagai belahan dunia lain, perempuan Papua sebagai bagian dari golongan masyarakat di Papua yang saat ini berada dalam penindasan Imperialisme dan Kolonialisme NKRI juga berada pada posisi terpinggirkan dari hak-haknya.Kenyataan ini sejatinya tidak dipahami oleh perempuan Papua, umumnya hanya dapat menerima kondisi ini sebagai suatu takdir yang temurun, sehingga kebanyakan dari kaum perempuan Papua selalu pasrah dan menerima apa adanya status dan kedudukannya hanya sebagai pelengkap dan pendamping laki-laki.atas dasar ini Bapak Dr.Socratez Sofyan Yoman menulis Buku yang berjudul “Perempuan bukan budak laki-laki

ll.Materi hari kedua,terdiri dari 5 materi,yaitu; 

1.pengorganisiran dan mobilisasi massa dibawakan oleh kamrad muno Gobay. 

2.manajemen aksi dibawakan oleh kamrad Bernard ketua amp-kk lombok.

3.kerja massa dibawakan oleh kamrad nyamuk Karunggu. 

4.prinsip-prinsip organisasi dibawakan oleh kamrad naldo.garis besar kami menangkap adalah anti revisionisme kenapa anti revisionisme?? Karena revisionisme menghilangkan solidaritas atau tidak membutuhkan dukungan dari kawan-kawan solidaritas. Anti oportunis, anti liberalisasi,lawan komandoisme dan lawan buntuisme atau hanya mengekor pada massa.

5.kerja pembangunan organisasi dibawakan oleh kamrad Muno Gobay.

Dan terakhir pengisian kekosongan struktur kk lombok seperti biro  bendahara dan mengisi Biro-Biro Lainnya.biro agenpos dua orang, biro kesenian dua orang dan biro-biro lainnya juga demikian. 

Berikut DOA  hadir untuk orang-orang perjuangan yang telah gugur dalam perjuangan maupun orang-orang yang  perjuangan revolusioner yang masih hidup dan sedang berjuang melawan kolonialisme indonesia, imperialisme dan militerisme indonesia.doa hadir dan  penciuman bendera Bintang Kejora dan Bendera AMP  sebagai  rasa kecintaan terhadap perjuangan pembebasan nasional papua barat dipimpin oleh kamrad Muno Gobay. 

Fenomena pembakaran buku-buku dan pembubaran organisasi adalah tindak fisik yang pikiran tidak mampu melawan dengan pikiran secara intelektual (Franz Magnis Suseno).

Untuk merdeka tidak perlu menunggu hingga semua syarat kondisi revolusi ada melainkan mau merdeka harus berjuang terus menerus (Che guevara).

Kami  pengurus  Aliansi  Mahasiswa  Papua Komite Kota (AMP-KK)  Lombok  masa bakti kerja organisasi atau kepenggurusan  AMP-KK Lombok  mulai pada tanggal 1 februari  2021-1 february 2022   adalah masa  kepengurusan kami.namun,tidak ada pengurusan  AMP KK-Lombok  selanjutnya sehingga kami juga terpaksa melanjutkan masa bakti kerja organisasi  selama 9 (sembilan bulan)  agar  tidak kekosongan dalam pengurusan AMP KK- Lombok  dan juga tidak mati dalam api perlawanan  terhadap  kolonialisme indonesia,imperialisme dan militerisme indonesia yang ada.

Kami pengurus  AMP KK  Lombok  masa bakti 2021-2022,kami mengucapkan  selamat untuk kawan-kawan pengurus baru yang telah terbentuk dan terpilih secara demokratis.

Selamat berjuang,selamat bekerja dan selamat melawan kolonialisme indonesia tanpa tunduk-tunduk dan tanpa kompromi terhadap tiga musuh besar bagi rakyat west papua yaitu; kolonialisme indonesia, imperialisme global dan militerisme indonesia.

Medan juang, 6 november 2022

Panjang umur hal-hal baik!!.

Panjang umur perjuangan pembebasan nasional papua barat!!

Pengurus  AMP KK-Lombok  2021-2022

A.Sejarah  Singkat  Terbentuknya AMP komite Kota Lombok 

“Untuk bebas, tidak hanya membuang satu rantai, tetapi untuk hidup dalam rasa saling menghargai dan memperbesar kebebasan orang lain”(Nelson mandela).

 orang-orang penurut membosankan tapi orang-orang yang menolak penurut dan tidak tunduk pada kekuasaan akan membuat kegila-gilaan dan membuat berwarna.lebih baik menjadi benar-benar konyol daripada menjadi benar-benar membosankan.(Marilyn Monroe)

Jangan takut kenapa?? Karena ketika kita takut maka dibodoh-bodohi dan ketika kita bodoh maka diinjak-injak (Haris Azhar). Ketakutan kami  untuk mengatakan kebenaranlah yang akan menyebabkan selama bertahun-tahun kita ditindas oleh para penindas (ibu ebadi Iran).

1.proses pembentukan amp-kk lombok

Sebelum membentuk AMP KK Lombok tahun 2019 kamrad asap/natalis sebagai selaku Agi Pos Komite pusat telah melakukan investigasi selama 3-4 bulan telah terinvestigasi dengan baik.kemudian tahun 2020 kmarad natalis datang lagi dipulau lombok  untuk melanjutkan investigasinya dan sekaligus membangun Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota (AMP-KK) Lombok sehingga selama 2 bulan telah membangun diskusi dari orang ke orang,dari kost ke kost dan melanjutkan diskusi dikontrakan IMAPA  terkait dengan rencana mengadakan pendidikan politik (DIKPOK) yang akan melaksanakan nantinya.

2.mengadakan pendidikan politik AMP KK Lombok 2021

Pendidikan politik dimulai pada tanggal 29-31 Januari 2021,dikost milik kawan nyamuk Karunggu jalan gomong lama ll,Kecubung IV no.14  kota mataram provinsi nusa tenggara barat (NTB).kost tersebut bagian kiri kost-kostan yang dihuni adalah mahasiswa papua,seperti Yunus, Yansen, Billy Mayor dan sebagainya dan bagian kanan kontrakan IMAPA  jarak kost nyamuk perkiraan 5 meter.menerima pendidikan politik selama tiga hari dengan peserta empat orang mahasiswa papua antara lain adalah Karunggu,berta ,aria dan nifrans pendidikan politik berjalan dengan lancar dan aman.kemudian pada tanggal 1 februari 2021 secara resmi menyusun struktur aliansi mahasiswa papua komite kota (AMP-KK) lombok secara terbuka di salah satu pantai Senggigi dengan kami juga mengajak kawan-kawan mahasiswa papua lain yang tidak ikut dalam pendidikan politik.disana kami menyusun program kerja jangka panjang maupun jangka pendek.

Pantai Senggigi 1 februari 2021

medan juang,1 februari 2021

Panjang umur hal-hal baik!

Panjang umur perjuangan pembebasan nasional papua barat!

Panjang umur solidaritas tanpa batas!!

1).Program kerja jangka panjang yang kita maksud antara lain adalah; 

seperti aksi hari-hari besar  adalah: HAM sedunia (10 desember 1948),1 desember 1961 hari kemerdekaan bangsa West Papua,1 mei 1963 hari aneksasi bangsa West Papua, hari New York agreement dan Roma agreement tahun 1962,hari kontrakan PT.Freeport 7 april 1967,hari pepera 1969,1 juli 1971 hari deklarasi kemerdekaan bangsa West Papua kedua kali dan sebagainya. 

2).Program kerja jangka pendek yang kita maksud  antara lain adalah pendidikan politik dalam tiga bulan sekali,diskusi harian dalam satu minggu sekali,evaluasi kerja dalam satu bulan sekali,pencarian dana dan sebagainya. 

B.Penolakan AMP Komite Kota Lombok

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapapun (karx marx)

Bangsa yang malas baca buku dan tidak  berorganisasi mudah ditipu (Che guevera)

Fenomena pembakaran buku-buku dan pembubaran organisasi adalah tindakan  fisik yang pikiran tidak  mampu melawan dengan pikiran secara intelektual (Franz Magnis Suseno).

Untuk merdeka tidak perlu menunggu hingga semua syarat kondisi revolusi ada melainkan mau merdeka harus berjuang terus menerus (Che guevara).

penghinaan adalah argumen yang digunakan oleh mereka yang salah (Jacques Rousseau).

Tanggal 2 februari 2021 mulai reaksi dari mahasiswa papua yang tidak sepaham atau tidak sependapat dengan kehadiran Amp di pulau lombok disinilah mulai kontradiksi yang luar biasa oleh orang-orang yang menamakan senioritas.

Maka pada tanggal 5 februari 2021 mengundang kami pengurus Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota lombok yang baru saja disahkan dengan strukturnya. yang panggil kami adalah mahasiswa papua yang kami maksud tidak sepaham atau tidak sependapat dengan kehadiran AMP di pulau lombok. tujuan mengundang kami adalah untuk klasifikasi pembentukan amp-kk lombok sekaligus membubarkan atau menggagalkan amp-kk lombok tersebut dengan beralasan bahwa; amp merupakan organisasi pengacau,perusakan dan kehadiran amp akan merusakan aktivitas perkuliahan ujar para reaksioner mahasiswa papua. 

Kita pengurus amp- kk lombok hadir sesuai dengan undangan  tersebut pada 5 februari 2021.dengan kita mulai diskusi pukul 18:00 wita-dengan selesai diskusi pukul 2.00 wita  tanpa menemukan titik terang.dari sinilah  amarahan para senioritas yang berwatak reaksioner mengeluarkan dan melampiaskan kemarahan ataupun dendam yang mereka pernah simpan-simpan dengan berbagai stigma atau mitos.seperti separatisme, sampah,manusia ilegal,orang baru datang lombok,dilarang diskusi dikontrakan IMAPA, dilarang diskusi dikampus unram dan yang menerima amp kk lombok kost jangan dekat-dekat dengan kita  para reaksioner atau anti amp. 

Namun kami sebagai selaku pengurus amp- kk lombok yang baru saja mendirikan tidak takut dengan segala bentuk stigma-stigma tersebut! karena kami tahu bahwa; kami berbicara atas dasar kemanusiaan, atas dasar kebenaran sejarah bangsa West Papua,atas dasar keadilan dan atas dasar kesamaan derajat umat manusia.alasan atas dasar itulah kami berdiri dengan kokoh dan kuat walaupun ancaman,intimidasi dan teror  akan datang berlapis-lapis.

diskusi dibukakan oleh sekretaris imapa Haran,dibantu oleh ketua imapa kawan imanuel wandikbo.singkat ceritanya kami disikat habis-habisan dengan mengatakan AMP  itu organisasi pengacau, perusakan dan menghambat aktivitas perkuliahan oleh para senioritas(Billy Mayor, dersy dan kawan-kawan) .

salah satu perempuan papua juga mengeluarkan kata-kata senonoh terhadap kamrad asap/Natalis bahwa; kamu itu tahu adat  atau tidak? masuk rumah orang  itu permisi lalu masuk bukan masuk diam-diam tidak dan ibaratkan dengan kita (imapa) ini tuan rumah dan kamu itu tamu jadi harus izin sama kita oleh mahasiswi Papua yang tidak tahu budaya, adat dan tidak tahu malu itu.selanjutnya Yansen,Billy Mayor, dersi, herlin nyoman,yunus dan sebagainya bersikeras untuk membubarkan AMP-kk Lombok dengan alasan AMP ini akan  dampaknya berbahaya untuk kita kata para senioritas. apakah kamu nyamuk bisa bertanggung jawab ketika penangkapan,kalau bisa caranya bagaimana?? (ujar Billy Mayor). Nyamuk kamu itu baru datang dipulau lombok ini,jadi kamu harus mengikuti atau mendengar kita karena kita duluan injak pulau lombok ini.nyamuk kamu datang disini buat kacau disini atau kuliah?? Karunggu kamu itu manusia ilegal,jangan mengadakan diskusi disini kontrakan  imapa, jangan diskusi di kampus unram dan kalian yang terima AMP kk -lombok jangan kostnya  dekat-dekat dengan kita (desry).

Tidak temukan titik terang sehingga semua berkata bahwa; harus memanggil pengurus aliansi mahasiswa papua pusat (KP) datang kesini untuk membubarkan AMP-kk Lombok oleh para reaksioner mahasiswa papua. imapa berikan kesempatan kepada kamrad asap/Natalis  bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah AMP-kk Lombok yang telah terbentuk dengan secara struktural. Setelah itu,asap mengatakan bahwa; saya sudah percayakan kepada Kawan ketua nyamuk jadi saya tidak berhak untuk intervensi untuk membubarkan AMP-kk Lombok atau tidak.oleh karena itu,bagaimana kawan ketua?

Nyamuk: pertama yang harus diketahui adalah nasi jika nasi telah bubur  tidak akan pernah  kembali menjadi beras.kedua adalah seorang anak lahir dari rahim ibu tidak akan pernah kembali masuk dalam rahim seorang ibu.begitu pula dengan pembentukan amp-kk lombok jadi amp-kk lombok tidak bisa dibubarkan oleh kalian mahasiswa papua yang anti dengan tanah air kalian sendiri,anti dengan nilai-nilai demokrasi, anti dengan nilai-nilai kemanusiaan dan buta sejarah, buta huruf dan beku hati kalian tidak punya kewenangan atau kuasa untuk membubarkan AMP KK Lombok,kecuali warga asli lombok. 

dan perlu tahu juga  bahwa kami AMP-kk Lombok tidak akan  pernah memaksakan kalian harus masuk dalam AMP.kami tidak pernah mengganggu aktivitas perkuliahan kalian dan kalau desri anda melarang diskusi di kampus ini sangat memalukan karena anda dan  saya adalah mahasiswa papua yang mencari ilmu disini maka anda tidak punya berhak melarang diskusi dikampus.atau kampus universitas  mataram ini  anda punya nenek moyang yang bangunkah atau  anda kehilangan sebagai anak adat atau anak honai?? Sehingga bicara asal-asalan dan memalukan wibawa mahasiswa papua.

Oleh karena itu, kesimpulan saya adalah saya tetap akan menjalankan amp-kk lombok semua ujaran persetan bagiku; kalian mau bilang pengacau atau tidak,manusia ilegal atau tidak,pendukung TPNPB-OPM atau tidak,orang gila atau tidak dan stigma sejenis apapun saya tetap akan jalankan barang ini.dan bagiku persetan semua segala bentuk ketidak sukaan: mau atau tidak mau,suka atau tidak suka dan terima atau tidak terima barang ini saya akan  tetap jalankan (AMP) titik terima kasih. (Kami bubarkan  diri pada  pukul 2.00 wita)

Foto bersama kamrad asap 1 februari 2021

 

 

 

Seiring berjalan waktu,saya sering menghadapi intimidasi, teror dan pengejaran oleh orang-orang yang tidak kenal bahkan polda NTB  juga telpon terus-menerus ajak ketemuan malam-malaman  dengan iming-iming mau kasih beras, uang dan sebagainya dan saya selalu mendengar suara di samping polda NTB adalah suara anak-anak papua. pada tanggal 20 maret 2021 pukul 23.00 wita malam  hari Yansen chat saya dengan berbunyi “Malam ade apakah kita bisa ketemu malam ini” tapi saya tidak balas makanya dia  telpon tapi saya tolak ketemuan semalaman.pada tanggal 23 maret 2021 pukul 23.00.00 wita Yansen dan Yunus datang dikost saya membawa parang dan anak panah untuk bunuh saya tapi warga Gomong Lama mereka baik dengan saya sehingga  mereka palang Yansen dan Yunus masuk dikost saya.beberapa menit kemudian polresta mataram dan polda Ntb tiba dikost saya bukannya mengamankan Yansen dan Yunus tapi malah saya yang dinaikan mobil  patroli milik polresta mataram dan dihadapan polisi Yansen pukul saya tapi pihak kepolisian dibiarkan begitu saja.

depan kantor polresta mataram mengeluarkan stigma-stigma buruk seperti nyamuk itu mendukung OPM, seperatis, teroris dan segera pindahkan  kampus kalau tidak pindahkan  saya bunuh karunggu  ujar Yansen. Persis apa yang dikatakan oleh Jacques Rousseau

“Penghinaan adalah alasan dari mereka yang salah.atau penghinaan adalah argumen yang digunakan oleh mereka yang salah”.

Selanjutnya pada tanggal 3 april 2021 pukul 22.00 wita malam hari  anak-anak imapa kontak saya untuk ngopi-ngopi bersama kepala lingkungan Gomong Lama tapi saya tidak kesana karena jaga keselamatan diri dan pada tanggal 4 april 2021 pukul 24.00 wita pada malam hari Billy Mayor telpon lalu ajak ketemuan tapi saya menolak dengan alasan kakak ini  sudah malam jadi saya tidak bisa,kalau kakak mau ketemu dengan saya nanti besok kita  ketemu dikampus saja kakak  karena besok saya mau kumpulin tugasnya kawan-kawan kuliah.

Besoknya saya past pulang dari kampus satu orang kejar saya pake motor untuk tarabakan saya tapi saya selamat dari pengejaran itu  dan pada tanggal 6 april 2021 pukul 16 :30 wita saya lagi sedang tidur ada yang ketok-ketok pintu dan jendela kost saya dengan kasar sehingga saya bangun dan saya buka pintu tanpa pake baju begini ada kepala lingkungan Gomong Lama,Billy Mayor dan ketua imapa.lalu saya tanyakan kepada mereka keperluan apa?? Pak kepala lingkungan oh,ya nyamuk kami dapat  informasi dari warga bahwa; nyamuk pernah bawa teman-teman di kost  untuk diskusi dan kami juga dengar bahwa besok tanggal 7 april 2021 nyamuk dengan kawan-kawannya mau melakukan aksi apakah itu benar?? Selanjutnya Billy Mayor amp itu kami sudah bubarkan kenapa bawa-bawa nama amp lagi?? surat pemberitahuan aksi itu saya dapat dari polresta mataram kata Billy? papua itu bagian dari indonesia juga jadi nyamuk harus dengar-dengar sama bapa kepala lingkungan dan  papua tidak akan merdeka ujar Billy mahasiswa papua asal sorong.jangan aksi ya!

Karunggu: oh tujuan kedatangan bapa-bapa ini seperti itu!

Bapa kepala lingkungan yang terhormat bapa harus tahu status saya seperti apa?? saya ini sebagai mahasiswa yang perlu diskusi dengan teman-teman mahasiswa lain  tanpa memandang etnis,ras,agama suku dan  bangsa.kalau bapa dan kau Billy melarang diskusi dikost saya ini merupakan kebodohan, kedunguan dan kehilangan akal sehat serta sangat lucu,mengapa kami katakan demikian??Karena  kost ini adalah tempat tinggal saya.kost saya dan saya sudah bayar kost dengan uang saya sendiri. saya mengadakan diskusi atau bawa kawan-kawan bukan kost Billy atau rumah bapa kepala lingkungan tidak! oleh karena itu, bapa dan kamu Billy harus tahu bahwa saya tidak pernah mengadakan diskusi kostnya Billy ataupun rumahnya bapa kepala lingkungan melainkan saya mengadakan diskusi dikost saya sendiri artinya kalian tidak punya  berhak membatasi diskusi dikost saya ini.kemudian terkait dengan aksi ini adalah UUD 1945 negara republik indonesia telah menjamin setiap orang berhak menyampaikan pendapat dimuka umum jadi saya rasa kalian tidak punya  dasar hukum untuk menghalangi kegiatan orang lain.Oleh karena itu, saya minta dengan hormat bapa kepala lingkungan dan kau Billy tidak tahu diri dan kehilangan intelektual segera meninggalkan tempat kost saya ini karena saya mau tidur.

pada tanggal 2 mei 2021, kami AMP KK Lombok dan kawan-kawan PEMBEBASAN KOLKOT MATARAM ikut aksi hari pendidikan nasional dan hari buruh internasional dengan kami hadir  sebagai individu pro-demokrasi tanpa membawa nama lembaga tapi pamflet-pamflet yang kami bawa adalah tertulis tarik militer organik dan non-organik dari tanah papua dan tutup PT Freeport tapi mentah-mentah para korlap melarang pamflet tersebut. hari itu pula motor kami bannya dibocorkan oleh orang yang tak dikenal,motor yang dimaksud adalah motor saya dan motor kawan anonim.

Depan kantor gubernur mataram, 2 mei 2021

pada tanggal 6-8 mei 2021 para reaksioner mahasiswa papua, kepala lingkungan gomong lama dan polda NTB  serta GMKI cabang mataram mereka membuat strategis atau membahas bagaimana caranya nyamuk ditangkap dan dipulangkan papua dan mereka membicarakan adalah salah satu rumah milik polda Ntb dan orang-orang atau mahasiswa papua terlibat dalam itu adalah Yansen, billy Mayor, hervin,evano dan sebagainya rahasia ini diungkapkan pada bulan oktober pada 2021 oleh seorang istri polda NTB dan dia adalah pemilik rumah.

pada tanggal 9 mei 2021 pukul 23.00 wita. mulai reaksi dengan strategis yang mereka sudah konsepkan sebelumnya tersebut,dan malam itupun mereka tangkap kita; saya dan kawan-kawan solidaritas Indonesia (FRI-WP) tiga orang dan yang menangkap kami adalah billy mayor, beli kecil, hervin (mahasiswa papua),Prandy (ketua Gmki) bersama kepolisian polda Ntb dan mereka pukul kita,mereka menghina kita dengan anak ahteis, komunis ceramah dengan ayat-ayat palsu oleh prandy sementara mahasiswa papua memarahi kawan-kawan solidaritas indonesia dengan mengatakan kalian ini merusakan nama papua oleh hervin mahasiswa papua reaksioner. kami melihat mahasiswa papua yang baru datangpun ikut dalam penangkapan kami salah satunya adalah Billy(MABA).

Kawan-kawan Pembebasan Kolkot Mataram tahanan polresta mataram, 10 mei 2021.

Introgasi ruang reskrim polda Ntb 2021.

Kunjungan tahanan polresta mataram, 11 mei 2021 haran, Tombol dan kakak Apwe

Prandy Kita ini sudah menerima Kristus jadi melupakan saja masa lalu ade nyamuk, saya punya keluarga juga banyak orang yang di timor Leste yang korban (ujar prandy( didukung oleh billy mayor dengar itu,sekarang kamu sudah kena uu ITE kapan lalu ko tobat pengacau ko ujar billy mayor. Prandy ade nyamuk punya keluarga berapa yang korban? Karunggu menjawab dalam keadaan borgol dengan mengeluarkan kata balas,Maaf nyawa manusia tidak bisa diukur dengan apapun dan tidak bisa  tanya berapa korban karena nyawa manusia bukan nyawa binatang. hanya bangsa penjajah, bangsa biadab, bangsa pembunuh, bangsa pencuri, bangsa perampok dan bangsa ilegal saja yang nyawa manusia diukur dengan pembangunan infrastruktur, uang dan nyawa manusia ditukar dengan barang benda.

Pada hari ini merupakan hari kebahagiaan dan kesenangan bagi anak-anak mahasiswa papua yang anti dengan nilai-nilai demokrasi, nilai-nilai kemanusiaan dan anti dengan AMP sehingga kami lagi introgasi didalam ruang reskrim mereka nitip dari jendela dan tertawa besar-besaran seperti tertawa iblis.Tidak sampai disini tapi ketika kita mengadakan lapak baca dan diskusi selalu dipantau, dikontrol dan diawasi oleh organisasi reaksioner maupun pihak intelijen, tentara dan polisi bahkan polda Ntb dan mereka selalu intervensi kampus-kampus agar birokrasi kampus membatasi lapak baca dan diskusi yang laksanakan oleh AMP KK LOMBOK DAN PEMBEBASAN kapanpun dan dimanapun.

FKIP Unram, 2021 intelijen masuk 

Aksi mimbar bebas untuk Victor Yeimo 

Inilah kisah nyata  singkat perjalanan amp-kk lombok yang selalu menghadapi tantangan dan rintangan yang begitu sangat berat tapi sebuah cerita dan tulisan kelihatannya ringan.kami akui bahwa memang setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda-beda dan pikiran yang berbeda oleh karena itu, jangan sekali-kali perbedaan itu  dijadikan sebagai penghambatan perjuangan tapi perbedaan itu,dijadikan sebagai kekayaan dan kekuatan kita bersama,yang paling penting adalah jangan membatasi atau menghalangi perjuangan orang lain itu saja.

 Karena ketika membatasi perjuangan orang lain berarti kita telah melanggar hak kebebasan orang lain.kesimpulan: aliansi pahasiswa papua (AMP) Merupakan honai kita bersama mahasiswa west papua untuk duduk bersama, berdiri bersama, tidur bersama dan bangun bersama dalam hal pahit dan manis dinegeri kolonial indonesia.amp merupakan kampus mahasiswa papua bersama untuk belajar budaya papua,bahasa papua,identitas orang papua dan sejarah dan status politik papua yang dihancurkan dan dimusnahkan oleh negara kolonial indonesia.amp adalah  wadah mahasiswa papua bersama untuk membicarakan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh rakyat dan bangsa west papua.

atas dasar keyakinan itu,kami penggurus amp-kk lombok masa bakti tahun  2021-2022 mempertahankan amp-kk lombok selama 1 tahun 9 bulan  walaupun ancaman, intimidasi, teror dan kriminalitas datang berlapis-lapis oleh pihak kepolisian maupun mahasiswa papua reaksioner yang tidak tahu diri dan tidak tahu malu.

C.kerja organisasi AMP KK –Lombok non stop

1.kami penggurus AMP KK  Lombok tidak pernah  melewatkan hari-hari besar bagi bangsa west papua maupun  hari dunia internasional; dengan melakukan merawat ingatan dengan aksi massa,aksi mimbar bebas,aksi pembagian selebaran,menulis dan melapak baca (baca-2021-2022).

2.kami telah membangun relasi dengan solidaritas yang terdiri dari PEMBEBASAN,FMN,SERUNI,PUSKEBA,PEMBARU,GEBUG,AGRA,PBHM,SLBH dan sebagainya dengan menjual nyawa kami demi memberitahukan  tenteng kebebesan bangsa west papua. Serta kami juga membangun solidaritas  kota sampai desa dengan rasa lelah dan cape dalam membangun hubungan massa rakyat.

3.kami juga telah  melakukan kampanye kejahatan pelanggaran HAM  diwest papua dikampus-kampus yang terdiri dari  UNRAM,UIN,UMMAT,UBG  dan sebagainya.

4.kerja organisasi terakhir adalah pada tanggal 15 agustus 2022,hari new york aggreement melakukan aksi mimbar bebas dan pembagian selebaran dilakukan oleh kawan-kawan naldo dan edmin. Pembagian selebaran pada tanggal 31 september 2022,hari roma aggreement yan dilakukan oleh kawan-kawan edwin dan naldo.aksi kamisan pada tanggal 13 oktober 2022 kasus mutilasi warga sipil nduga dan kasus kanjuruhan malang dan terakhir pada tanggal 18 oktober 2022 lapak baca dan diskusi bersama universitas mataram dengan  tema; ancaman meliterisme dan liberialisasi dunia kampus ini semua merupakan kerja-kerja organisasi.

D.laporan program kerja jangka panjang dan program kerja jangka pendek  AMP-Kk lombok mulai dari tahun 2021-2022.

1). program kerja amp kk-lombok jangka pendek selama satu tahun

Kami pengurus amp-kk lombok secara jujur dan mengakui bahwa; program kerja jangka  pendek Kk lombok tidak dijalankan sama sekali.disebabkan karena adanya semua  anggota amp kk lombok langsung   diri dari amp-kk lombok ketika mendengar  stigma yang tidak mendidik dan tidak memanusiakan manusia diatas tersebut. adanya intimidasi dan diteror dari senioritas mahasiswa papua itu sendiri dan sebagainya sehingga program kerja jangka pendek gagal total.bukan berarti kami kalah atau kami gagal tidak kawan tapi kami akan  tetap perjuangkan dengan gaya dan cara kami sendiri atas nama kemanusiaan,keadilan dan kemerdekaan.

2). program kerja jangka panjang amp kk lombok juga tidak dijalankan selama satu tahun.

Program kerja jangka panjang semaksimal 95% kami telah dijalankan dengan segala kekurangan dan segala  kemampuan yang kami miliki walaupun berbagai ancaman,intimidasi,penangkapan dan  teror datang berlapis-lapis baik entah itu dari polda Ntb,  TNI-Polri,intelijen, para birokrasi kampus,Gmki dan mahasiswa papua yang berwatak reaksioner dan anti kebebasan tanah air mereka sendiri.karena kami tahu dan kami sadar bahwa apapun yang telah  terjadi,sedang terjadi dan akan terjadi adalah konsekuensi logis dalam perjuangan revolusi. 

3). hubungan amp-kk lombok dengan lembaga-lembaga atau solidaritas Indonesia selama satu tahun.

Kami pengurus Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota lombok tidak sendirian melainkan kami selalu bersama solidaritas Indonesia,mereka selalu disamping kami amp kk lombok bahkan mereka sendiri yang mencari kami mahasiswa papua untuk mengangkat harkat dan martabat orang west papua yang diinjak-injak oleh kolonial Indonesia selama bertahun-tahun.

Kami sama-sama intimidasi teror dan tangkap  kami adalah kawan-kawan-kawan pusat perjuangan mahasiswa untuk pembebasan nasional (PEMBEBASAN),kami juga bersolidaritas dengan kawan-kawan Front mahasiswa nasional (FMN), Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA),pusat kebudayaan baru(PUSKEBA), gerakan bumi gora (GEBUG) dan serta individu-individu Solidaritas Indonesia pro demokrasi.dibidang media adalah media kampus universitas negeri Mataram.

akademisi kampus kami menyadarkan beberapa dosen terkait dengan isu papua baik entah melalui diskusi, pembagian buku,selebaran,presentasi kami selalu mengangkat status politik Papua,jika ada  tugas kelompok maka  kami monopoli kemudian kami isi tentang papua makalah maupun jurnal atas nama teman-teman kelas tujuan kami  adalah melalui tugas akan berikan informasi tentang papua kepada dosen-dosen dan teman-teman itulah yang kami  melakukan secara terus menerus walaupun melarang presentasi tentang papua dengan ancaman tidak dikasih nilai namun kami tidak pernah takut dengan ancaman tersebut. 

Kawan-kawan pusat bantuan hukum mangandar (PBHM) juga selalu disamping kami walaupun mereka juga diancam, diimtimidasi dan diteror oleh orang-orang yang anti kemanusiaan,anti keadilan,anti demokrasi dan anti kesamaan dejarat manusia dan study lembaga bantuan hukum (SLBH) NTB.

Kami juga telah membangun hubungan Solidaritas Indonesia individu pro demokrasi yang mendukung hak menentukan nasib sendiri bangsa west papua kota sampai desa pulau Lombok telah tererat dengan baik.

Selain daripada itu adalah kita juga  dalam satu minggu sekali mengadakan lapak baca dan diskusi sambil membagikan selebaran beberapa kampus yang terutama adalah  universitas   mataram sekalipun kami dicap sebagai organisasi radikalisme dan komunisme dan kemudian kami juga melakukan aksi Kamisan walaupun masa aksi kami hanya 2-4 orang.

E.Pesan kami untuk penerus amp kk lombok terpilih  sebagainya berikutnya:

1.jangan pernah menyerah dengan kata-kata orang lain tapi berjalanlah diatas keyakinan,pikiran dan berdasarkan prinsip-prinsip pribadi yang pelopor,konsisten dan kokoh.

2.pintu kawat besi kami telah patahkan baik entah pintu gerbang kampus yang buta dengan sejarah papua kami telah bukakan, reaksioner mahasiswa papua kami telah memundurkan, gigi api polda Ntb yang menyala-nyala kami telah padamkan dan solidaritas indonesia kami telah  terhubungkan artinya kita telah menang dari niat iblis yang mau membubarkan amp kk lombok 2021.

3.kami menjaga dan melindungi amp-kk lombok ini dengan taruhan nyawa karena kami sadar dan kami  tahu bahwa amp adalah rumah kita bersama, sekolah kita bersama, kampus kita bersama yang kita harus dijaga dengan baik karena nyawa kita ada  didalam amp sehingga ketika ada  pembunuhan rakyat west papua atau operasi militer indonesia diatas tanah papua amplah yang  bergerak dan bersuara.

4.poin kedua,artinya marah bahaya kami sudah lawan dan hancurkan oleh karena itu, Kamrad-kamrad jangan pernah padamkan api amp kk lombok tapi nyalakan api perlawanan terus menerus sampai membebaskan bangsa kita yang bernama west papua…

5.mundur adalah  pengkihanatan  organisasi revolusioner dan pengkihanatan  bangsa sendiri. Oleh karena itu,jangan pernah mundur,menyerah dan jangan pernah bermain-main dengan api (TNI-POLRI)  karena berjuangan kemerdekaan bangsa west papua harus konsisten dan memiliki prinsip yang anti terhadap militerisme,imperialisme dan kolonialisme indonesia.

Medan Juang, 6 november 2022

Panjang umur hal-hal baik!!

Panjang umur perjuangan pembebasan nasional papua barat!!

Panjang Umur Melawan kriminalisasi, intimidasi, teror, represif dan melawan senioritas!!.

Panjang umur AMP!

Doc:


Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” (Pramoedya Ananta Toer).

 

Berita Terkait

Top