KKN TEMATIK KELOMPOK 3 UNRAM MELAKUKAN SOSIALISASI MENGENAI WISATA BUDAYA DENGAN TEMA: “PENGENALAN SOCIAL LIFE TOURISM dan POTENSI WISATA PULAU MARINGKIK”.


Suara api perlawanan.Com  Monitoring “pengenalan social life tourism dan potensi wisata di pulau maringkik”oleh Lalu.aji ketua KKN Tematik Maringkik kelompok 3. Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan pada Selasa,(07/02/23) di Aula Kantor Desa Pulau Maringkik,  Kecamatan keruak, Kabupaten Lombok Timur berjalan dengan aman dan lancar.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut hadir pula Sekretaris Desa Pulau Maringkik Agus S, Pd,Rizalul iman selaku ketua pokdarwis dipulau Maringkik dan serta karang taruna dan mama-mama tenun maringkik yang hadir kurang lebih puluhan orang.

“Harapan kami kedepannya masyarakat kita tidak ada yang mengalami pengangguran dalam bidang sumber daya manusia dan tenaga kerja jangka panjang maupun jangka pendek dan warga kami tidak ada yang pengangguran karena masyarakat kita semua kerja di laut sebagai nelayan,sampai sekarang alhamdulillah masyarakat aman kendali” Ucap Agus selaku Sekdes Pulau Maringkik.

Masih kata Agus, kami sebagai selaku aparatur pemerintah desa pulau maringkik sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Tematik unram yang membantu kami desa pulau maringkik dalam bentuk sosialisasi,sanggar belajar dan sebagainya selama 45 hari. 

KKN Tematik unram kelompok 3, melakukan sosialisasi mengenai wisata budaya  di pulau maringkik dengan pemerintah desa pulau maringkik dan pokdarwis sebagai bentuk distribusi informasi dan pengetahuan kepada masyarakat. acara ini merupakan bagian dari program KKN Tematik unram dan pokdarwis maringkik ucap Lalu M.Aji ketua KKN Tematik kelompok 3 maringkik. Disatu sisi kegiatan ini dilakukan dengan tujuan  persiapan event pesona teluk jukung yang akan dilaksanakan pada bulan april 2023 akan mendatang, dimana desa pulau maringkik menjadi tuan rumah event ini. 

Wisata budaya dan event dapat menjadi media bagi pulau maringkik untuk menghadapi Problem lingkungan dan asimilasi budaya di masa yang akan datang dengan program yang berkelanjutan. Sosialisasi ini menjadi pintu pembuka sekaligus pembentukan kerangka dasar bagi Sumber Daya Manusia dalam pembangunan pariwisata yang ada di maringkik dengan memberikan kesadaran akan pentingnya pelestarian kultur atau budaya dan tradisi. Acara sosialisasi ini diisi oleh Irwan Mashuri selaku pegiat wisata di daerah selatan dan Rizalul iman selaku ketua pokdarwis di pulau Maringkik. 

Menurut pemateri pembangunan pulau maringkik sedang dalam proses dan pengenalan kearifan lokal melalui produk turunan kain tenun sebagai media promosi pulau maringkik. Masyarakat maringkik yang sebagian besar sebagai pengrajin tenun dan pemerintah desa dapat membangun bersama dan mengelola wisata sosial melalui kegiatan pengabdian mahasiswa KKN dan non KKN ke depan nya sebagai salah satu alternatif dalam menghadapi krisis global hari ini.

Penulis: ketua KKN kelompok 3  pulau maringkik 

Editor: Nyamuk Karunggu 

Berita Terkait

Top