Seruan Diskusi Mingguan! Terbuka Konsentrasi Mahasiswa Murka-NTB


 

Hidup Rakyat Tertindas dan Terhisap!

Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa, (ki hajar Dewantara).

Tujuan pendidikan adalah alat perlawanan dan pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia, (Nelson Mandela).

Apa guna punya ilmu tinggi kalau hanya untuk mengibuli, apa guna banyak baca buku kalau mulut kau bungkam melulu'(wiji thukul).

 Berdasarkan hasil diskusi Konsentrasi Mahasiswa Murka NTB pertemuan mingguan yaitu: pertemuan pertama, dilaksanakan pada tanggal 2 juni 2023,dengan membahas tentang perkembangan pendidikan dunia global dan Indonesia.

Pertemuan mingguan kedua, Konsentrasi Mahasiswa Murka NTB dilaksanakan pada tanggal 7 juni 2023, dengan membahas tentang musuh-musuh rakyat tertindas yang terdiri dari kapitalisme, imperialisme, feodalisme, neoliberalisme, militerisme, kolonialisme dll. 

Pertemuan ketiga, Konsentrasi Mahasiswa Murka NTB dilaksanakan pada tanggal 14 juni 2023 dengan membahas atau update tentang situasi pendidikan kampus yang ada di provinsi NTB. Sehingga hasil pertemuan mingguan Konsentrasi Mahasiswa Murka NTB ketiga tersebut,telah menemukan banyak problematika yang ada di dalam dunia pendidikan pada umumnya di Indonesia dan lebih khususnya di provinsi NTB seperti pembungkaman ruang kebebasan akademik, fasilitas kampus yang tidak layak, dikomersilkan pendidikan,kekerasan seksual sangat marak,membatasi aksi mimbar bebas dll yang dipraktekkan oleh birokrasi kampus masing-masing. 

Praktek birokrasi kampus semacam ini paulo freire menyebutkan bahwa “birokrasi kampus mengupayakan untuk memanipulasi kesadaran mahasiswa dengan mencetak kebiasaan-kebiasan semu yang serba nurut dan serta tunduk pada birokrasi kampus”. Hal ini Che guevara menentang keras dengan menyatakan bahwa “Keberanian itu seperti sikap keberimanan.Jika kau peroleh keberanian maka kau memiliki harga diri. Sikap bermartabat yang membuatmu tidak mudah untuk dibujuk.”

Keyakinan kami bahwa setiap mahasiswa punya hak dan kewajiban untuk menentang birokrasi kampus yang terus dan sedang menyakut-nyakuti mahasiswa dengan ancaman nilai dan ancaman DO ini adalah ancaman pembunuhan karakter berpikir mahasiswa Indonesia dan mematikan pola pikir mahasiswa yang seharusnya kembangkan ilmu pengetahuannya di dalam dunia pendidikan akademik dengan bebas. 

sebagaimana yang diatur dalam uu no.12 tahun 2012 tentang kebebasan akademik dan otonom kampus lebih lanjut dalam Pasal 8 ayat (3) tentang kebebasan akademik dan payung hukum negara Republik Indonesia dalam UUD 1945 Pasal 28E ayat (3) menegaskan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat dimuka umum lisan maupun tulisan.

 Lebih lanjut dalam uu no.9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum dan juga uu no.39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia. Sehingga tindakan dan kebijakan birokrasi kampus yang mengkriminalisasi dan membatasi gagasan-gagasan mahasiswa merupakan bertentangan dengan konstitusi Negara Republik Indonesia dan bertentangan dengan uu No 12 tahun 2012 tentang kebebasan akademik dan otonom kampus tersebut. 

Ketakutan selalu jadi bagian mereka yang tak berani mendirikan keadilan. Kejahatan selalu jadi bagian mereka yang mengingkari kebenaran maka melanggar keadilan. Dua-duanya menjadi busuk dan dua-duanya sumber keonaran di muka bumi ini. (Pramoedya Ananta Toer-Bumi Manusia).

Mengajar, bukan lagi untuk mengajarkan apa yang diyakini,melainkan untuk menanam keyakinan-keyakinan serta kebodohan-kebodohan yang dipandang berguna oleh mereka yang memerintahkannya.(Bertrand Russell).

Sehubungan dengan hasil pertemuan mingguan Konsentrasi Mahasiswa Murka NTB ketiga kali telah melahirkan usulan pembahasan lanjutan,yaitu “Apa Solusi Situasi Pendidikan Di NTB”? maka dengan ini kami dari Konsentrasi Mahasiswa Murka NTB mengundang seluruh kawan-kawan mahasiswa Indonesia yang merasa dirinya tertindas,terhisap dan tereksploitasi oleh birokrasi kampus untuk melibatkan dirimu. dengan itu,agenda diskusi Konsentrasi dan konsolidasi ini yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal: Rabu, 21 Juni 2023

Waktu: 19.00 WITA – Selesai

Lokasi: Unram 

Demikian undangan ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Medan juang, 20 juni 2023

Panjang umur hal-hal baik!

Panjang umur rakyat tertindas dan terhisap!

Panjang umur perlawanan tanpa batas!.

*TTD*

Konsentrasi Mahasiswa Murka NTB

Berita Terkait

Top