MANUSIA YANG PALING DODOH DAN PALING DUNGU DIDUNIA INI ADALAH TAKUT PADA JATI DIRINYA, IDENTITASNYA DAN BANGSANYA SENDIRI


“Keberanian yang membuat kalian akan tahan dalam situasi apapun! Nyali sama harganya dengan nyawa. Jika itu hilang, niscaya tak ada gunanya kau hidup!”(Che guevera).

Barang siapa yang menyangkal bangsanya atau asal tanah airnya sendiri.berarti dia akan menyangkal dirinya sendiri, menyangkal jati dirinya dan menyangkal roh dan jiwanya sendiri (Christian).

bangsa yang besar adalah bangsa mempelajari dan meluruskan sejarah bangsanya sendiri.bangsa yang besar adalah bangsa yang mengakui bangsanya sendiri didepan bangsa orang lain atau dihadapan negara orang lain dengan gagah dan berani.bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu jati dirinya, tahu identitasnya dan tahu bangsanya sendiri. bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu budayanya, tahu adatnya dan tahu asal usulnya walaupun dia mencari ilmu dinegara lain.

hanya bangsa budak saja yang menyangkal jati dirinya, identitasnya dan bangsanya sendiri dihadapan bangsa lain.hanya bangsa penakut saja yang menyembunyikan sejarahnya dan asal-usulnya sendiri. hanya bangsa pengemis saja yang kompromis dengan bangsa penjajah dan bangsa penindas dengan menjual harga dirinya, identitasnya dan bangsanya sendiri untuk mendapatkan nasi goreng, mie goreng,gelar dan kertas dari bangsa pembunuh(kolonialisme indonesia).hanya bangsa yang tidak tahu diri saja yang melupakan budayanya, melupakan adatnya, melupakan bahasanya dan melupakan bangsanya sendiri.

Tuhan sudah ciptakan orang papua dari tanah papua sebagai manusia papua sesuai dengan gambar dan rupa Allah (kejadian 1:26). Tuhan ciptakan manusia papua diatas tanah west papua sebagai bangsa yang besar bukan bangsa kecil. Tuhan sudah ciptakan bangsa west papua sebagai bangsa west papua yang punya budaya,punya adat,punya jati diri, punya identitas, punya harga diri,punya bahasa dan punya bangsa yang besar yaitu bangsa west papua. Tuhan menciptakan manusia papua diatas tanah papua sesuai dengan rupa tanah west papua agar orang papua akan menjaga tanah papua,menjaga budaya papua,menjaga bahasa papua, menjaga adat papua,menjaga hutan papua dan melindungi tanah west papua.

Tuhan tidak pernah menciptakan manusia papua menjadi sebagai bangsa lain.Tuhan tidak pernah menciptakan manusia papua untuk jual belikan tanah west papua. Tuhan tidak pernah menciptakan manusia papua sebagai bangsa yang tidak tahu budaya tidak tahu bahasa tidak tahu jati diri dan tidak tahu tanah airnya sendiri.

Tanah west papua adalah manusia papua karena manusia papua berasal dari tanah west papua dan sebaliknya manusia west papua adalah tanah papua.akan tetapi orang west papua siapapun yang menyangkal bangsa west papua adalah menyangkal diri anda. menyangkal jati dirinya sendiri dan tidak punya harkat dan martabat sebagai manusia west papua.siapa yang menjual belikan tanah west papua adalah menjual belikan harga diri anda,jati diri anda sendiri dan menjual generasi penerus bangsa west papua kepada bangsa asing.

barangsiapa yang menyangkal bangsa west papua adalah dia tidak punya tempat perlindungan dalam marah bahaya karena kita tidak mau mengakui tempat perlindungan kami dan tempat benteng kami.karena tempat perlindungan dan tempat benteng kami adalah tanah west papua, hutan papua,dusun papua dan serta budaya dan adat papua itulah perisai orang-orang west papua.

Orang-orang yang tahu budaya, tahu bahasa,tahu jati diri dan tahu adat dia tidak akan pernah takut ditangkap dan dibunuh oleh bangsa penjajah dan bangsa asing karena dia berdiri diatas keyakinannya sendiri dan diatas adat dan budayanya sendiri.

Orang-orang west papua yang pernah dan yang sedang menjadi manusia copyan atau manusia stengah papua dan stengah indonesia, inggris, belanda amerika Serikat dan sebagainya adalah manusia yang tidak pernah menghargai dan berterima kasih kepada Tuhan yang menciptakan kau dengan sempurna sebagai manusia papua. Maksud kami orang-orang papua copyan atau stengah papua dan stengah indonesia adalah manusia papua yang memaksakan diri untuk menjadi putih dan rambut palsu panjang atau lurus. Orang-orang papua semacam kategori ini merukan manusia papua yang termasuk dalam type merusakan karya Tuhan dan melebihi melampaui batas Kuasa Tuhan Pencipta Langit Bumi dan segala isi-Nya.

Sebab Tuhan menciptakan manusia sesuai dengan gambar dan rupanya sendiri (kejadian 1:26) berarti Tuhan menciptakan manusia itu,sempurna tidak ada yang kurang dan tidak ada yang lebih melainkan sudah sempurna yang tidak perlu menambahkan ataupun mengurangi atas karya Tuhan yang bernama manusia.

nasihat seorang ayah: jika kau berjuang atas nama tanah west papua dengan benar,maka engkau jangan takut membawa bendera papua atau membawa senjata karena tanah west papua akan melindungi,menjagamu dan bahkan menyembunyikan dihadapan orang agar kau tidak dilihat oleh musuh-musuhmu yang sedang mencarimu untuk menangkap dan memenjarakanmu akan tetapi mereka tidak akan pernah melihat dan menangkapmu karena alam papua menyembunyikanmu.

Saya percaya dengan perkataan nasihat seorang ayah ini,karena saya sudah 6 ditangkap oleh penguasa kolonial indonesia diantaranya ketika kita bawa amunusi 50 butir tahun 2017 kami ditangkap post napoa wamena tapi kami dibebaskan hanya rampas handphone,noken,baju bk, buku-buku tentang hak asasi manusia. Jayapura 2015 kami ditangkap oleh Brimob kota raja Jayapura dan kami dibebaskan. Mataram-Indonesia mulai dari tahun 2020-2022 sudah lebih dari 4 kali ditangkap lalu dibebaskan dengan alasan yang tidak jelas.

Dosen-dosen unram dan mahasiswa umum sering bertanya beberapa pertanyaan seperti dibawah ini;
1).bagaimana proses hukumnya??
2).apakah masalahnya sudah aman??
3).kok kenapa tidak dipenjarakan padahal kamu membuat makar??
4).kamu sudah keluarkan dari kampus kenapa masih disini??

biasanya saya tertawa lalu tanya balik;
1).proses hukum dalam rangka apa,apakah saya memperkosa istrinya polisi??
2).siapa yang membuat masalah?? Saya tidak pernah membuat masalah tapi yang membuat masalah dengan saya adalah birokrasi kampus dan TNI-Polri tanyakan kepada mereka saja??
3).untuk apa saya dipenjarakan?? apakah saya merusakan fasilitas kampus atau mengulingkan pemerintahan yang sah indonesia??
4).apa dasar hukumnya untuk keluarkan saya dari kampus?? apakah NKRI bukan negara hukum sehingga anda langsung justifikasi saya orang yang bersalah,sebelum saya dinyatakan orang bersalah oleh hukum atau hakim??

kita sebagai bangsa tertindas dan terjajah
bagaimanapun bodohnya tapi kita harus berani mengungkapkan kebenaran kita harus berani menunjukkan jati diri kita,identitas kita dan bangsa kita. Karena jika kita berani tidak ada yang melawan kita (dimara dalam buku yang berjudul; kami bukan bangsa budak, Dr.Socrates Yoman).

kita harus berani menunjukkan jati diri kita sebagai sebuah bangsa yang besar walaupun bangsa penjajah kolonialisme indonesia tidak pernah mengakui bangsa kita,identitas kita,budaya kita,bahasa kita,bendera kita,jati diri kita dan bangsa kita. Karena bangsa kolonial tidak pernah menghargai dan menghormati bangsa yang dia terjajah dan dia menindas melainkan terus menerus merendahkan kemampuan bangsa terjajah, menginjak harkat dan martabat bangsa tertindas. dengan mitos-mitos kolonialisme indonesia adalah tidak mampu,belum bisa dan tidak bisa buat apa-apa itu adalah perkataan kolonialisme indonesia.

Tepat apa yang dijelaskan dalam buku yang berjudul; mitos pribumi malas citra orang jawa,melayu,filipina dalam kapitalisme kolonial alatas mengatakan bahwa, membuat mereka (terjajah) tidak berdaya, tidak mampu dan merendahkan mereka kalau tidak nanti mereka (terjajah) akan bangkit dan membrontak untuk melawan kita. bangsa penjajah paling takut kalau bangsa tertindas itu menjadi pintar dan cerdas karena kalau bangsa tertindas sudah pintar dan cerdas maka berbahaya bagi kebusukan bangsa kolonialisme itu sendiri.

Jangan takut kenapa?? Karena ketika kita takut maka dibodoh-bodohi dan ketika kita bodoh maka diinjak-injak (Haris Azhar pegiat Ham).benar ketika kita takut maka kita ditangkap dengan sewenang-wenang tanpa prosedur hukum yang jelas.disitulah terjadi dibodoh-bodohi kita untuk periksa identitas kita,data-data privasi kita dan bahkan handphone kita diperiksa dengan suka-suka polisi disitulah harkar dan martabat kita diinjak-injak atas nama penegakan hukum.

bagaimanapun bodohnya kita harus berani mengungkapkan kebenaran didepan majelis hakim atau penguasa pemerintah indonesia karena keberanian kamilah yang menyelamatkan diri kita.”ketakutan kami untuk mengatakan kebenaranlah yang menyebabkan selama bertahun-tahun kita berikan kekuatan kesempatan dan ruang kepada para penindas untuk menindas kita” (ibu shirin abadi novel perdamaian iran).selanjutnya setiap pendusta harus dilawan.menang atau kalah lebih-lebih pendusta yang mengandung dalam penindas bangsa lain, (Mayon Sutrisno).

Walaupun saya anak kampung tetapi pikiranku tidak boleh menjadi anak kampungan.walaupun saya anak tertindas dan terjajah tetapi pikiranku tidak boleh tertunduk dan tertakut pada orang-orang penjajah dan penindas. walaupun saya bodoh tetapi saya tidak boleh menjadi manusia bodoh dalam berargumentasi dihadapan dosen dan polisi. supaya apa?? supaya saya akan menunjukkan kepada penguasa kolonial indonesia bahwa saya bisa,saya mampu dan saya siap menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat seperti bangsa lain.bagaimanapun bodoh dan primitifnya suatu bangsa akan tumbuh dan berkembang nalar untuk mempertahankan hidupnya( Sutrisno).

saya orang yang paling bodoh dan cepat kompromi dalam argumen sesama mahasiswa tetapi dihadapan polisi dan dosen aku akan memegang teguh pada keyakinanku karena saya sadar dan saya tahu bahwa saya sedang berada diruang musuh yang harus dipatahkan dan dikalahkan dengan alasan apapun.

dihadapan polisi terkadang bahasa setanpun akan mengingat dikepala saya sehingga polisipun pikir-pikir untuk mengeluarkan pertanyaan dalam interogasi. saya sangat percaya pada Tuhan dan alam bangsa west papua bersama orang-orang perjuangan bangsa west papua sehingga Tuhan dan alam papua memakai mulut orang-orang perjuangan bangsa west papua untuk membelah diri mereka dihadapan penguasa kolonial indonesia.

Saya pernah ditanya sama salah satu seorang tapol bagaimana kasusmu muk?saya batalkan bang mengapa?? karena penangkapan asal-asalan tidak sesuai dengan prosedur hukum. kok bisa begitu, iya bang tidak mungkin, sampai dia tidak percaya dan salah satu LBH bertanya bagaimana kasusmu?? Oh,saya sudah menolak surat panggilan pak. kok bisa mangatur polisi. bisa pak karena polisi juga manusia seperti kita juga polisi bukan Tuhan pak. salah satu polisi berkata hanya kamu yang berani protes dan mengatur polisi diruang ini karena kami tidak pernah lihat orang tersangka atau saksi yang berani protes dan mengatur polisi diruang ini.

Kami tercantumkan landasan hukum kita dibawah ini:
Tetapi TUHAN berfirman kepadanya: “Siapakah yang membuat lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat orang melihat atau buta bukankah Aku, yakni TUHAN Oleh sebab itu, pergilah, Aku akan menyertai lidahmu dan mengajar engkau, apa yang harus kaukatakan.(Keluaran 4:11-12).
“Sesungguhnya, aku menaruh perkataan-perkataan-Ku kedalam mulutmu.

apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.(Mat 10:19).

apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu.sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan. (lukas 12:11-12).

Sebab itu tetapkanlah didalam hatimu, supaya kamu jangan memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu.(lukas 21:14&15).

Kita semua mengetahui bahwa bangsa penjajah mereka tidak pernah mengakui harkat dan martabat sebuah bangsa yang dia sedang dan terus menindas dan menjajah dari tahun ke-tahun dan kami tahu bahwa bangsa penjajah mereka tidak pernah mengakui bendera sebuah bangsa yang dia menindas tersebut. atas dasar watak kolonial itulah kolonialisme indonesia tidak pernah mengakui harkat dan martabat bangsa west papua sebagai bangsa jajahan kolonialisme indonesia. atas dasar watak penjajah itulah kolonialisme indonesia tidak pernah memberikan kesempatan dan ruang kepada rakyat west papua untuk menyampaikan pendapat dimuka umum sebagaimana mestinya bernegara yang demokrasi. atas dasar watak penjajah itulah kolonialisme indonesia tidak pernah mengakui bendera bintang kejora yang dimiliki oleh rakyat west papua sebagai bendera kebangsaan bangsa west papua.

yang berani mengakui harkat dan martabat manusia papua adalah orang west papua itu sendiri dan berani mengatakan bahwa bintang kejora adalah bendera kebangsaan bangsa west papua adalah orang west papua itu sendiri. orang west saja yang berani mengatakan bahwa tpnpb-opm adalah tentara rakyat west papua yang memperjuangkan hak menentukan nasib sendiri bagi bangsa west papua dari kolonialisme indonesia.

Hentikan dan buang dalil hampa kosong belaka yang mengkampanyekan bahwa bendera bintang kejora adalah makar karena kami telah mempelajari hukum produk kolonialisme indonesia dan hukum internasional tapi kami tidak pernah temukan pasal atau uu yang melarang atau mengatakan bendera bintang kejora adalah makar didalam konstitusi republik indonesia melainkan justru konstitusi republik indonesia tahun 1945 mendukung kemerdekaan bagi bangsa lain dimuka bumi ini.”bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa oleh sebab itu,maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan (UUD 1945).

memalukan negara republik Indonesia besar ini karena penguasa kolonial indonesia masih gunakan dan dipraktekan pasal makar hukum produk kolonial Hindia Belanda yang telah dicabut dan dihapuskan oleh membuat pasal makar tersebut yaitu pemerintah belanda.

cukuplah hanya bangsa penjajah saja yang takut pada bendera bintang kejora tapi jika kami sebagai orang papua stop takut pada bendera kebangsaanmu bintang kejora bila perlu kibarkan BK dimanapun kalian berada agar NKRI mengakui bendera itu dan cukuplah bangsa kolonial Indonesia saja yang mengatakan bendera bintang kejora adalah makar tapi kami sebagai orang papua menentang pasal makar yang telah usang dan sudah kuburkan dalam kuburan hindia belanda tapi penguasa kolonial indonesia hidupkan kembali dari kuburan belanda untuk bangsa west papua yang menuntut hak demokratik yang dijamin dalam hukum konstitusi republik indonesia dan hukum internasional.

Akhir kata stop mimpi siang bolong kepada bangsa-bangsa penjajah untuk memberikan kemerdekaan bangsa west papua karena didunia ini tidak ada bangsa satupun yang dimemerdekakan oleh bangsa pembunuh bangsa penindas bangsa perampok dan bangsa asing melainkan yang merebut kemerdekaan ialah orang-orang bangsa tertindas itu sendiri.

Stop mimpi siang bolong kepada bangsa-bangsa asing punya pengetahuan luas dan ilmu banyak yang memerdekakan bangsa west papua.stop berharap kepada bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa asing datang untuk memerdekakan bangsa west papua. karna walaupun mereka punya ide, mereka punya pemikiran,mereka punya teori dan mereka punya konsep masa depan papua yang luar biasa tapi mereka tidak akan pernah mewujudkan mimpi-mimpi omong kosong belaka itu,karena mereka bukan orang asli papua yang tahu keadaan alam papuanya tahu keadaan geografis papuanya tahu keadaan iklim papuanya tahu keadaan kebiasaan orang papua tahu keadaan adat dan budaya orang papua yang ada diatas bangsa west papua Sorong to samaray.

perlu ingat nubuatan pdt isak samuel Kijne “saya meletakkan peradaban orang papua diatas batu ini,walaupun orang memiliki kepandaian tinggi akal budi dan marifat tetapi mereka tidak akan dapat membangun bangsa papua ini.bangsa papua ini akan bangkit dan memimpin dirinya sendiri sebagai bangsa yang merdeka” (wasior,25 oktober 1925).

Catatan:
-pertama,tulisan ini sebagai pegangan kita dan motivasi kita agar kami tidak perlu ikut arus dengan ujaran-ujaran berbau mitos-mitos yang diproduksi dan dipraktekan oleh kolonialisme indonesia kepada bangsa west papua agar kolonial dapat membunuh karakter bangsa west papua itu sendiri.

-kedua,agar kita tidak ikut arus kondisi dan situasi daerah lain diindonesia tapi kita harus fokus pada tujuan perjuangan kita karena semua perjuangan untuk merebut revolusioner tapi kami harus sadar bahwa keadaan dan kondisi perjuangan kita berbeda yakni kita harus tahu diri kita posisi seperti apa? bangsa kita sebagai apa?? kerasnya perjuangan kita lebih dari 60 tahun seperti apa?? dan seterusnya.

Kolonial,14 juni 2022

Panjang umur hal-hal baik!!

Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota (AMP-KK) Lombok.

Berita Terkait

Top