Info Darurat Kemanusiaan Didaerah Kwujawagi Papua membabi buta TNi Polri Melakukan Operasi Intimidasi dan Teror Kepada Warga Sipil


hasil laporan dibawah ini adalah Murni pihak TNI POLRI yang masuk operasi daerah Kwujawagi kabupaten Lani jaya.

*Yth. Asops Kaskostrad*

Tembusan :
1. Waasops KasKostrad
2. Danyon Satria Sandi Yudha Kostrad
3. Para Pabandyaops Kostrad

Selamat Pagi Asisten.
Izin melaporkan pendahuluan,

Bidang : Hankam
Hasil : *Hasil Operasi pembersihan kampung Pimbinom Co 54M 194748 9552286, Koyawage oleh Satgas Tim Taipur Kostrad dalam rangka operasi Paro 2023*

*I. FAKTA-FAKTA*
a. Adapun Kronologis singkat Sbb:
1) Pada hari Senin (H-4) 27 Februari 2023 Pkl 23.00 20 org Dpp Ltt Inf Bagus Satriawan melaksanakan infiltrasi menuju Bukit Cakra Co 54M 195993 9561404 (15 Km dari Pos Malagay Lanny Jaya).

2) Pada hari Jumat (Jam J) tanggal 3 Maret 2023 pukul 06.00 WIT Tim Satgas Taipur melaksanakan pembersihan di Kampung Pimbinom Co 54M 194748 9552286.

3) Pembersihan menjadi 3 sektor 1 Tim Dpp Ltt Inf Bagus Satriawan (10 org) berada di sektor Timur, 1 Tim Dpp Ltd Inf Fery siahaan berada di sektor Barat dan 1 Tim Sniper Dpp Srt Fajar Budi melaksanakan penutupan dijalan pelolosan sektor Kampung Pimbinom.

4) Pada hari Jumat 3 Maret 2023 pukul 07.00 WIT, Tim Tim satgas Taipur mengumpulkan seluruh Masyarakat Kampung berada di sektor Barat.

5) Pada hari Jumat 3 Maret 2023 pukul 07.30 Tim satgas Taipur melaksanakan pemeriksaan serta Introgasi terhadap seluruh Masyarakat Kp. Pimbinom.

b. Ditemukannya 3 org KSTP dengan rincian sebagai berikut:

1) Hoanus Gwijangge
2) Nanus Nirigi
3)Sugianus Nirigi (DPO)

c. Barang Bukti yang ditemukan :
1) 2 Hp merk Vivo berisikan foto tersangka menggunakan senjata
2) 1 buah memoricard berisikan foto Sugianus Nirigi memegang senjata SS1 dan disertai dengan video pergerakan KSTP kelompok Egianus Kogoya.
3)1 buah sangkur AK 47
4) Panah dan busur perang

6) Pada Hari Selasa 7 maret 2023 pukul 08.00 WIT melaksanakan pullout dari Kp. Pimbinom Koyawage menuju titik jemput (bukit cakra) dan pada pukul 17.30 WIT melaksanakan pengunduran menuju Yonif 756/WMS.

*II. PENDAPAT PELAPOR*
a. 3 org KSTP tersebut terbukti tergabung dalam kelompok Egianus Kogoya.
b. Hoanus Gwijangge merupakan pengantar Logistik kelompok dari Egianus Kogoya.
c. Sugianus Nirigi terbukti tergabung dalam kelompok dari Egianus Kogoya.
d. Nanus Nirigi terbukti dengan adanya foto memegang senjata bersama Kelompok KSTP lain.

*III. UPAYA YANG DILAKUKAN*
a. Melaporkan ke Ko Atas.
b. Menyerahkan 3 org tersebut kepada badan penegak hukum (POLRI).
c. Melaksanakan pendalaman lebih lanjut oleh 3 org tersebut oleh pihak Polri.

Demikian dilaporkan, selanjutnya mohon petunjuk.

Nah Laporan tersebut diatas adalah benar atau tidak karena tiga orang tersebut diatas di tangkap adalah benar Pasukan TPNPB atau warga sipil, Mereka intorgasi dengan tekanan senjata.??

Apa yang mereka Lakukan di sana bahwa kami tau kelakuan, Militer Indonesia melakukan Intimidasi, interogasi, teror dan berbagai ancaman terhadap rakyat sipil di kampung Kiyawagi saat ini sdg berlangsung.
Pusat nya di kampung Luarem dan Yugume. Rakyat sipil ini tidak lain adalah masyarakat Nduga yg mengungsi sejak tahun 2018 setelah terjadinya Perang Perjuangan Kemerdekaan yg dilakukan oleh, Militer TNI-POLRI VS TPN-PB-OPM dibawah Pimpinan Egianus Kogoya. Rakyat sipil yg hari ini mengalami berbagai kebrutalan militer Indonesia di Kiyawagi merupakan murni pengungsi yg mendiami wilayah tersebut sejak 2018. Mereka rakyat sipil yg tidak bisa berbahasa Indonesia, tidak tahu soal politik Indonesia, tidak tahu soal Perjuangan TPN-PB-OPM namun sasaran operasi Militer Indonesia ( TNI-POLRI-BIN dan BAIS) justru kembali terjadi berkali-kali terhadap rakyat sipil.

Mohon semua Lembaga kemanusiaan pemantauan dan Advokasi nya.

Save Rakyat Nduga
Save rakyat kwujawagi
Save rakyat Sinak puncak Papua
Save rakyat Yahukimo
Save rakyat pengunungan bintang
Save rakyat Sorong,maibraty
Save rakyat intan jaya
Save Rakyat Papua

 

Doc. 

 

Berita Terkait

Top