AKSI MIMBAR BEBAS MENYAMBUT HARI HAK ASASI MANUSIA INTERNASIONAL 10  DESEMBER 2023.

Himbauan Umum Untuk Seluruh Elemen Masyarakat Nusa Tenggara Barat dan dunia internasional maupun nasional.

Hari HAM Sedunia jatuh pada tanggal 10 Desember 2023. Peringatan ini berada di bawah PBB serta Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham RI). Diketahui, Hari HAM Sedunia atau Human Rights Day 2023 adalah peringatan ke-75 tahun.

Berikut tema Hari HAM Sedunia 2023 hingga asal-usul peringatannya tanggal 10 Desember.

Mengutip situs resmi PBB, Hari HAM Sedunia 2023 mengusung tema “Freedom, Equality and Justice for All” atau “Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan bagi Semua”. Adapun menurut situs Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, tema nasional Hari HAM 2023 adalah “Harmoni Dalam Keberagaman” Dan Komite Aksi Kamisan Mataram  secara resmi mengeluarkan Tema: Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM

Pada tahun 2023, kita memperingati 75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang bertepatan dengan 30 tahun berdirinya Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia. Hal ini berkaitan dengan Hari HAM Sedunia tanggal 10 Desember.

Selama 75 tahun, inti Deklarasi ini adalah untuk menanamkan kesetaraan, kebebasan mendasar,  dan keadilan pada masyarakat. Perjanjian ini juga mengabadikan hak-hak bagi seluruh umat manusia.

Hari HAM Sedunia tahun ini berupaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang hak asasi manusia, termasuk kesadaran masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional; terutama di kalangan generasi mudah  serta menginspirasi masyarakat untuk menciptakan gerakan kemanusiaan bersama sambil memberdayakan mereka untuk memperjuangkan dan melindungi hak-hak mereka.

Hari Hak Asasi Manusia tanggal 10 Desember memperingati diadopsinya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia atau Universal Declaration of Human Rights (UDHR) oleh Majelis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 10 Desember 1948.

UDHR adalah dokumen tonggak sejarah HAM dunia, yang menyatakan hak-hak yang dimiliki setiap orang sebagai manusia terlepas dari ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, bahasa, politik dsb, asal kebangsaan atau sosial, properti, kelahiran atau status lainnya.

Berikut poin-poin penting yang terdapat dalam UDHR.
1. UDHR mengabadikan hak-hak semua umat manusia;
2. UDHR adalah cetak biru global untuk undang-undang dan kebijakan internasional, nasional, dan lokal serta landasan Agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan;
3. UDHR telah menginspirasi banyak perjuangan untuk memberikan perlindungan hak asasi manusia yang lebih kuat dan membantu mereka agar lebih diakui;
4. Solusi pada nilai-nilai kemanusiaan yang sering diabaikan berakar pada hak asasi manusia;
5. Kita harus membela hak-hak kita dan orang lain;
6. Kita memerlukan perekonomian yang berinvestasi pada hak asasi manusia dan bekerja untuk semua orang.

Berdasarkan hal tersebut, setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia Sedunia atau Hari HAM Internasional.

Dengan demikian, Komite Aksi Kamisan kota Mataram sebagai elemen Mahasiswa dan Gerakan Demokratik Rakyat mengeluarkan sikap sbb:

1. Putuskan semua jaringan diplomasi ekonomi dan politik tidak langsung kepada Zionis maupun badan” Zionis.

2. PBB Segera Intervensi untuk investigasi para korban kemanusiaan dan memberikan jaminan Hidup terhadap para pengungsi di tanah air Papua Barat, terutama di Kabupaten Nduga, Intan Jaya, Puncak Jaya, Maybrat, Yahukimo, dan pegunungan Bintang.

3. ⁠Hentikan seluruh  agresi militer serta serangan zionis israel ke Gaza maupun Tepi Barat.

4. ⁠Hentikan Blokade penangkapan dan penjarahan terhadap rakyat palestina.

5. Tangkap, adili,  penjarakan seluruh jendral pelanggar HAM Berat dan sita harta kekayaannya.

6. Tarik militer organik maupun non-organik dari seluruh tanah Papua

7. Buka Akses Jurnalis Internasional dan Nasional di Tanah Papua

8. Segera selesaikan dan adili tentang kasus di stadium kanjuruhan di malang pada 1 oktober 2022

9. Bubarkan Komando Teritorial TNI

10. Lawan adili sipil reaksioner

11. akui dan penuhi hak hak masyarakat adat

12. lawan diskriminasi berbasis gender suku ras agama orientasi sexual dan disabilitas dalam kehidupan kampus

13. kampus bebas dari kekerasan sexual

14. kampus bebas dari intervenei militer dan bubarkan menwa

15. hapus perpeloncoan dan budaya senioritas

16. hentikan phk sepihak dari 8 buruh anggota sebumi di PT KICG

17. Stop diskriminasi, intimidasi terhadap aktivis HAM Haris Azhar dan Fatia

18. Usut tuntas semua kasus pelanggar HAM berat diseluruh tanah Papua

19. Hentikan Perampasan Tanah Rakyat di Rempang, Kalteng, Dago, Wadas, Pancoran, Suku Awyu, Sembalun, Sambelia, Barbaraya, Kalumata Maluku Utara.

20. Pemerintah Maluku Utara bertanggung jawab atas tercemarnya lingkungan di Sagea Almahera Tengah akibat operasional tambang nikel, batrei dsb.

21. Tuntaskan Pelanggaran HAM Berat di masa lalu.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat dan kami sampaikan kepada kawan-kawan sekalian di medan Juang. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih!

Medan Juang, 10 Desember 2023

Panjang umur hal-hal baik!

Panjang umur Perlawanan!

Komite Aksi Kamisan Mataram

#Jangan Diam

#Lawan

Top